BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

Anak Bangsa yang Menemukan Bakteri Kromosom Ganda

Posted by Bioma pada 5 Juni, 2008

Berpotensi Produksi Herbisida Alami dan Pemacu Pertumbuhan

Salah seorang Biolog dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan juga merupakan anak bangsa yang potensial, yaitu Dr. Antonius Suwanto mendapatkan penghargaan Cipta Lestari Kehati dari Yayasan Kehati (Keanekaragaman Hayati) dengan melakukan penelitian tentang potensi keragaman hayati mikroba di Indonesia, khususnya ekstremofil atau mikro-organisme yang hidup di habitat ekstrem pada tanggal 8 Maret lalu. Salah satu tempat penelitiannya yaitu di Beldug Kuwu di Grobogan, Jawa Tengah, seperti yang ditulis oleh harian Kompas pada laporan IPTEK yang terbit 9 Desember 2000. Beliau mendapatkan tropi Kehati dan sejumlah uang tunai sebesar 50 juta rupiah. Sebelum itu, beliau juga mendapatkan sebuah penghargaan sebagai salah satu dari dua pemenang Hadiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Toray yang ke-7 dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) untuk penelitiannya tentang genetika molekuler bakteri Rhodobacter sphaeroides. Suwanto dianugerahi hadiah uang Rp 40 juta.

Saya tidak pernah tahu kalau ada kompetisi untuk kedua hadiah tadi. Untuk Kehati Award, saya diberi tahu oleh Dr Pratiwi Sudarmono karena saya anggota Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia. Sedang untuk Toray Award, saya diminta oleh Rektor IPB untuk ikut,” beliau berkata.

Rhodobacter sphaeroides adalah sejenis bakteri fotosintetik anoksigenik yang banyak ditemukan di lahan persawahan. Bakteri ini mampu mengikat nitrogen dari udara dan mengubahnya menjadi amoniak, sehingga sawah menjadi subur karena bakteri ini secara alami dapat memupuk sawah. Sebaliknya, bakteri ini akan menjadi tidak aktif apabila manusia melakukan pemberian pupuk buatan yang mengandung unsur nitrogen.

Rhodobacter sphaeroides dapat berkembang biak secara aerobik atau anaerobik, misalnya suatu ekosistem yang mempunyai cahaya ataupun tidak bercahaya atau gelap. R sphaeroides dan bakteri kerabatnya adalah salah satu contoh sistem model yang sangat baik untuk dapat mempelajari fenomena yang terjadi di biologi dan biofisika yang kompleks dan keragaman metabolisme kelompok bakteri ini amat luar biasa. Keragaman metabolisme dari bakteri ini juga dapat memberikan sebuah potensi yang baik dalam implementasinya di dalam bidang pertanian, industri dan lingkungan. Penambatan karbon dioksida dan nitrogen, produksi hidrogen, produksi plastik biologis, detoksifikasi logam berat, dan produksi enzim-enzim komersial adalah beberapa contoh hasil potensi yang merupakan penelitian dengan menggunakan bakteri fotosintetik seperti R sphaeroides.”, menurut Dr. Suwanto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: