BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

Klorofil

Posted by Bioma pada 3 Juni, 2008

Sesungguhnya, kandungan gizi terbaik pada sayuran terdapat dalam apa yang kita kenal dengan pigmen hijau / zat hijau daun atau dalam istilah latin disebut dengan korofil atau Chlorophyll. Klorofil adalah inti daun / sayuran. Hingga pasokan nutrisi yang masuk kedalam tubuh manusia lewat sayuran sebenarnya tersuplai oleh klorofil yang terdapat dalam sayuran tersebut. “Hal yang terpenting dalam memulihkan kembali kesehatan adalah dengan mengambil asupan klorofil (chlorophyll) dalam jumlah seimbang dan terus-menerus setiap hari”, demikian kesimpulan yang dibuat oleh Dr. Ann Wigmore (Rebuild Your Healt, 1991). “Klorofil mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh manusia, sehingga tubuh bisa dibersihkan dan diperbaiki untuk membangun tubuh yang sehat”, tambahnya.

Klorofil bermanfaat sebagai desinfektan dan antibiotik dalam perang dunia, sebelum morfin ditemukan. Sampai hari inipun masih digunakan untuk program pembersihan kotoran. Klorofil membersihkan jaringan-jaringan tubuh yang sakit dan membuang keluar dari tubuh, beserta bakteri dan parasit yang ada dalam jaringan yang sakit terbut. Klorofil mengeluarkan racun-racun kimia sintesis macam borak dan formalin. Kerjanya seperti memandikan bagian dalam tubuh kita. Molekul klorofil mempunyai ekor hydrophobic yang masuk ke dalam hidrokarbon dinding-dinding sel tubuh dan menarik keluar dari dinding sel tesebut, seperti sabun melepaskan minyak dari tangan kita. Golongan hidrokarbon adalah pestisida, narkotika, perasa makanan dan lain-lain yang dibuat di laboratorium dari bahan minyak bumi. Hati kita berfungsi membongkar sistesis kimia tesebut dan mengeluarkannya dari dalam aliran darah kita. Karena itu Klorofil membantu kerja hati kita, sehingga hati kita tak kerja terlalu berat.

Energi terbentuk dari rantai oksigen dan glukosa (polisakarida) yang ada dalam daun hijau yang segar. Daun layu (terutama akibat pengolahan/pemasakan) akan mengandung lebih banyak karbon monoksida ketimbang oksigen. Energi terbentuk dari tambahan sel-sel darah merah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh kita. Klorofil adaah pembuat sel-sel darah merah tercepat. Jumlah sel darah terhitung akan meningkat dalam jangka waktu singkat dengan mengkonsumsi klorofil. Hemoglobin adalah molekol dalam sel darah yang mengangkut oksigen, dimana struktur kimanya hampir mirip dengan klorofil. Hal inilah yang menyebabkan klorofil mudah dikonversi oleh enzim-enzim dalam tubuh menjadi hemoglobin.

Riset tentang Klorofil memang telah membawa angin segar dalam dunia kesehatan manusia dewasa ini. Klorofil terbukti mampu mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh manusia, mulai lewat polusi udara/air hingga bahan pengawet makanan macam borak (borax/boraks) dan formalin. Namun, riset juga menyatakan bahwa klorofil murni yang terkena proses pengolahan (dimasak) akan rusak fungsi utamanya. Klorofil yang terolah tersebut akan sulit diserap oleh tubuh manusia, bahkan sebagian besar akan terbuang dalam sistem pembuangan. Lalu haruskah kita mengkonsumsi klorofil / sayuran mentah ? Suatu hal yang semakin absurd di dunia modern seperti sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: