BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

‘Evolusi mundur’ yang cepat dan dramatis terdokumentasi pada spesies ikan kecil

Posted by Bioma pada 26 Mei, 2008

ScienceDaily (May 16, 2008) ā€” Evolusi di anggap maju ke depan seiring waktu, namun kadang, paling tidak dalam kasus seekor ikan kecil yang disebut threespine stickleback, proses ini dapat terjadi dalam laju warp mundur, menurut studi yang dipimpin peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center dan diterbitkan online sebelum cetak di edisi 20 mei dari Current Biology.
“Kami mengajukan bahwa penyebab utama dari evolusi mundur pada stickleback dari tingkat lebih tinggi predasi trout setelah peningkatan mendadak dari transparansi air,” kata Peichel, dimana Hutchinson Center lab telah menjadikan stickleback sebgai model baru mempeljari sifat genetika kompleks. Dengan memeriksa siat multifset dari ikan ini, seperti tipe tubuh dan perilaku, Peichel dan koleganya membuka cahaya pda jaringan genetika yang bermain dalam sifat kompleks seperti kanker dan penyakit umum manusia lainnya.
Penemun para peneliti ini menantang sebuah teori yang dipegang luas dibalik perubahan evolusioner cepat, gagasan ‘plastisitas fenotipik’ — sat sebuah organisme dapat mengambil karakteristik berbeda independen dari pengaruh genetika. Tipe tubuh adalah contoh tersebut. “Ada beberapa komponen genetik pada ukuran tubuh, namun bila anda makan lebih banyak makanan bernutrisi sebagai seorang anak anda mungkin akan tumbuh lebih tinggi dari pada seseorang dengan gen yang sama namun makan sedikit,” kata Peichel. “Penemuan kami menantng aturan utma dari plastisitas fenotipe dalam perubahan evolusioner cepat.”
Sumber : http://www.sciencedaily.com/releases/2008/05/080515120759.htm

Ikan di foto atas adalah berlempeng rendah, yang berkaitan dengan waktu saat Danau Washington terpolusi berat. Ikan di foto bawah berlempeng penuh, sebuah adaptasi yang diperkirakan muncul dari pembersihan danau 40 tahun lalu. (Credit: Peichel Laboratory, Fred Hutchinson Cancer Research Center)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: