BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

Cangkang Virus buatan dapt bermanfaat sebagai penyiman nano

Posted by Bioma pada 26 Mei, 2008

ScienceDaily (Jan. 18, 2008) — Peneliti di Technion-Israel Institute of Technology dan Scripps Research Institute di California merancang sebuah cangkang virus buatan sebagai sebuah penyimpan nano berharga untuk mengirimkan obat, komponen komputasi molekuler, dan wadah aplikasi lainnya.
Ahli Kimia Technion , Ehud Keinan dan koleganya diinspirasi oleh konstruksi kapsid virus alami, yang melindungi bahan genetika virus dalam sebuah bola terajut bersama dari balok pembangun protein identik.
Seperti sebuah bola sepak – atau ekivalen nanonya buckyball karbon – kapsid Virus menggabungkan satuan2 protein ini menjadi sebuah bola dengan permukaan besar dengan rasio volume- yaitu, sebuah bola kecil dengan interior relatif lapang. Fitur desain ini, digabung dengan fakta bahwa kapsid virus menyusun dirinya sendiri dengan sedikit bantuan, membuat kapsid menjadi model yang bagus untuk kapsul nano buatan, lapor peneliti dalam Proceedings of National Academy of Sciences minggu ini.
Keinan mengatakan ukuran dari kapsid buatan sangat penting. Ini akan menentukan molekul mana yang akan mampu dimasukkan kedalam penyimpan. Penyimpan kecil akan memungkinkan pengiriman obat, yang besar untuk pengiriman protein dan yang sangat besar untuk pengiriman gen.”
Peneliti memutuskan untuk memilih konstruksi kapsid virus untuk menemtukan dengan tepat bagaimana bagian2 identik mereka menyatu. Mereka membuat seperangkat kisi2 segilima dengan sisi2 magnetik yang meniru sisi ikatan kimia dari protein kapsid alami. Dalam sebagian percobaan2 pertama mereka, mereka hanya mengocok kisi2 magnetik dalam sebuah wadah plastik dan melihat potongan2 ini menyatu membentuk bola.
“Walau secara intelektual kita tahu bahwa tipe organisasi diri ini muncul secara spontan, melihatnya terjadi dari kocokan acak pada skala makroskopik sangat inspirasional,” tulis Keinan dan koleganya dalam paper mereka.
Peneliti kemudian melakukan simulasi komputer dari konstruksi kapsid, bekerja dengan senyawa kimia berbetuk cakrram yang disebut corannulene. Juga disebut sebagai buckybowl, corannulene memiliki simetri lima sisi dan kurva kaku yang membuatnya secara potensial merupakan balok bangunan yang baik untuk sebuah kapsid buatan.
Dalam simulasi ini, Keinan dan koleganya melakukan percobaan dengan beragam sisi lengket kimiawi pada balok bangunan corannulene untuk menentukan kondisi2 dimana satuan corannulene akan menyusun diri menjadi sebuah bola. Mereka menciptakan sebuah separuh bola dalam simulasi ini, dan berharap akan mendapatkan sebuah bola penuh dalam waktu dekat.
Dengan menerapkan berbagai macam ikatan kimia pada sisi lengket dari ikatan hidrogen lemah hingga ikatan logam hingga ikatan disulfida – peneliti yakin mereka dapat merubah kekuatan kapsid dan mempengaruhi kondisi dimana ia menyusun atau merobohkan, kata Keinan.
Walau peneliti belum lagi membuat sebuah kapsid buatan di lab, “studi sekarang memberi kita keyakinan bahwa kita dapat merancang molekul berdasarkan prinsip ini yang dapat menyusun menjadi kapsid kimiawi,” tulis mreka.
Diadaptasi dari bahan yang disediakan oleh American Technion Society.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: