BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

Alat baru utuk memahami evolusi dari gen multi domain di kembangkan

Posted by Bioma pada 26 Mei, 2008

ScienceDaily (May 15, 2008) — Ilmuan dari Carnegie Mellon telah menemukan aliran kritis dalam metode standar yang dipakai untuk menganalisa evolusi gen. Metode standar gagal saat diterapkan pada gen yang mengkode protein multi domain, sebuah kelas penting dari protein yang penting bagi kesehatan manusia.
Walau biolog komputasional telah mengembangkan metode untuk menentukan gen yang berbagi nenek moyang yang sama, metode saat ini kadang membawa pada kesimpulan yang sulit saat di terapkan pada gen yang menyandi protein multi domain. Domain adalah barisan fragmen yang menyandi balok pembangun dasar dari struktur protein. Evolusi membuat gen bau dengan mencampur dan mencocokkan domain dalam kombinasi yang baru, seperti anak yang membuat rumah, mobil dan helikopter dari balok2 LEGO dengan mengkombinasi balok LEGO dalam cara2 berbeda. Proses ini, disebut pengocokan domain, menciptakan protein kompleks yang elakukan tugas tertentu dan kritis seperti komunikasi sel dan pengikatan dengan sel lain. Saat salah satu protein ini gagal, hasilnya seringkali adalah kanker. Pengocokan domain memungkinkan evolusi cepat dari protein2 baru, namun ia juga membuat hampir mustahil untuk ilmuan menentukan nenek moyang mereka.
Dalam sebuah paper yang diterbitkan online di Public Library of Science Computational Biology May 15, Tim Durand memberikan metode baru untuk menentukan apakah sepasang gen yang sama berevolusi dari nenek moyang yang sama, atau apakah mereka terlihat sama karena domain yang sama dimasukkan kedalam kedua gen. Metode mereka , disebut “Neighborhood Correlation,” adalah yang pertama dalam mengatasi masalah ini.
Studi ini di danai oleh National Science Foundation, National Institutes of Health, dan David and Lucille Packard Foundation.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: