BIOMA UNDIP

Situsnya Anak Biologi 2005 FMIPA UNDIP

Tikus dapat melakukannya tanpa gen paling berharga dari manusia

Posted by Bioma pada 25 Mei, 2008

Esensialitas dari beberapa gen telah berubah seiring waktu saat manusia dan tikus berpisah pada pohon evolusi, penemuan peneliti.(Credit: iStockphoto/Brandon Laufenberg)
ScienceDaily (May 15, 2008) — Tikus adalah adalah hewan yang palnig membantu manusia dalam riste kedokteran, dan terima kasih pula atas genome yang 85% identik dengan manusia. Namun gen yang identik dapat bertindak berbeda dalam tikus dan manusia, sebuah studi dari biologiwan evolusioner University of Michigan , Ben-Yang Liao dan Jianzhi Zhang ungkapkan.
Hasil dari analisis mereka mendukung gagasan ini. Dengan mengembangkan sebuah indeks yang menghitung tingkat metabolik (ukuran berapa cepat produk limbah seluler dibangkitkan) dan usia reproduktif, dan kemudian menggunakan indeks terseubt untuk membandingkan manusia dan tikus, peneliti menemukan bahwa jumalh total limbah yang dihasilkan per gram masa tubuh dari lahir hingga usia reproduktif adalah 18 kali lebih tinggi untuk manusia daripada tikus.
“Jadi, manajemen limbah jauh lebih penting bagi manusia ketimbang tikus untuk menjaga fungsi seluler yang wajar hingga waktunya reproduksi,” kata Zhang. “Dan saat sebuah proses biologis menjadi lebih penting untuk spesies, gen2 yang terlibat dalam proses itu cenderung menjadi esensial.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: